Mengenal Apa Itu Investasi Peer to peer Lending

Peer to peer lending di Indonesia marak diperbincangkan oleh para investor. Sebab, instrumen investasi peer to peer lending di negara ini cenderung mudah dilakukan dan punya proses yang  gampang. Dijadikan pilihan untuk investasi, sebab untuk mendukung perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini berkembang dengan pesat.

Apa yang perlu dikenal dari investasi peer to peer lending?

  1. Mengenal P2P Lending

Apa itu investasi? Investasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat, yang mana pada kurun waktu tertentu modal balik atau bahkan rugi. Peer to peer leading berdasar pada peraturan otoritas jasa keuangan, yang merupakan layanan peminjaman secara langsung dengan melibatkan kedua belah pihak.

P2p lending menyediakan fasilitas bagi para pemilik dana di platform online untuk memberi pinjaman secara langsung kepada penerima pinjaman. Peminjaman ini mempunyai return yang sangat tinggi bagi pemberi pinjaman, sekaligus mengajukan kredit dengan syarat yang mudah.

Anda bisa menjadikan peer to peer lending sebagai alternatif investasi. Perlu diketahui bahwa langkah pertama dalam proses investasi di peer to peer lending adalah memahami risiko yang ada. Anda tidak boleh melakukan investasi tanpa mengetahui dan memahami tingkat dan jenis resiko yang timbul.

  1. Kelebihan P2P Lending

Keuntungan pertama dari peer to peer lending adalah return yang tinggi. Apabila anda berkecimpung di jenis instrumen investasi ini, Anda bisa mendapat bunga antara 14 hingga 21% setiap tahunnya. Selain return yang tinggi, terdapat kelebihan investasi p2p lending, yakni punya tenor yang pendek.

Dalam arti lain, investasi peer to peer lending cocok untuk menjadi alternatif investasi jangka pendek. Investasi ini merupakan instrumen investasi yang bisa memberi untung kepada anda, dalam jangka panjang atau jangka pendek.

Bagian menariknya, terdapat keuntungan memilih investasi peer to peer lending. Keuntungan tersebut adalah bukan sekedar investasi saja, karena anda sekaligus membantu usaha mikro kecil dan menengah.

Diakibatkan oleh sistem peer to peer lending yang membuat anda menjadi pemberi pinjaman. Anda bisa melakukan investasi dengan cara meminjamkan modal pada jangka waktu tertentu, yang mayoritas adalah pebisnis UMKM.

  1. Kekurangan P2P Lending

Apa itu investasi? Apa kekurangannya? Investasi adalah kegiatan yang menguntungkan, namun tidak menutup kemungkinan untuk tidak mempunyai kekurangan. Kekurangan p2p lending yang pertama adalah investasi bodong. Biasa disebut sebagai jenis investasi yang menipu banyak orang.

Anda harus memastikan untuk memeriksa latar belakang platform peer to peer lending yang hendak anda pilih. Dengan begitu, anda akan terhindar dari penipuan, usahakan untuk memilih instrumen investasi yang telah terdaftar di otoritas jasa keuangan.

Kerugian lainnya dari investasi peer to peer lending adalah tidak bisa selalu menarik dana. Jenis investasi ini bukanlah likuiditas, sehingga anda tidak bisa asal menarik dana. Anda sebagai investor, harus mengingat tenor pengembalian yang telah ada sejak awal.

Jika anda hendak menarik uang, Anda harus menunggu hingga akhir tenor yang telah disetujui. Adapun terdapat risiko lain apabila anda memilih instrumen investasi ini. Risiko tersebut adalah peminjam yang terlambat atau gagal membayar cicilan.

  1. Cara Kerja P2P Lending

Cara kerja peer to peer lending adalah melakukan registrasi, mengajukan pinjaman, melakukan analisis, dan menetapkan tingkat risiko. Platform peer to peer lending memilih peminjam dan menempatkannya di market place lengkap dengan informasi peminjam.

Sedangkan lender, akan bertugas untuk melakukan analisis dan memilih peminjam pada marketplace. Setelah lender melakukan pendanaan, pihak peminjam harus mengembalikan pinjaman sesuai waktu yang telah ditentukan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Inilah 7 Produk Sepatu Heels Bata Wanita, Lengkap Dengan Harga Dan Penjelasan
Next post Harga Tiket dan Daya Tarik Hutan Pinus Pengger Yogyakarta